Banyak Bank Gagal Bukan Karena Kompetisi Tapi Dirampok Pemiliknya

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mengungkapkan secara statistik banyak bank yang gagal dikarenakan dirampok oleh pemiliknya. Atas dasar tersebut bank sentral tengah mengkaji untuk mengeluarkan kebijakan pembatasan kepemilikan perseorangan di bank.

“Yang ada adalah pembatasan kepemilikan. Logikanya, karena bank gagal itu berdasarkan statistik bukan karena kompetisi tapi karena pada umumnya diambil oleh pemiliknya, dirampok pemiliknya,” ujar Deputi Gubernur Bank Indonesia Muliaman D Hadad ketika ditemui disela acara Gerakan Indonesia Menabung ”TabunganKu Masa Depanku” yang dilaksanakan di Balai Kota Malang, Jawa Timur (29/5/2011).

Dijelaskan Muliaman, ketika sebuah bank dimiliki mayoritas oleh seseorang maka sang pemilik bisa melakukan apa saja dengan bank tersebut. Nah, ketika bank dimiliki secara beramai-ramai maka tidak ada orang yang dominan menentukan bank tersebut.

“Jadi secara governance yang kita ingin akan lebih banyak struktur kepemilikan kedepan, termasuk kita dorong untuk go public di pasar modal,” ungkapnya.

Menurut Muliaman, ketika bank dimiliki oleh publik maka kontrol dan pengelolaan bank itu bisa jadi lebih berimbang. “Terdapat check and balance, ada kepentingan publik, sedangkan dia listed, publik jadi pengawas, tidak hanya BI, tapi juga Bapepam, para pengamat, analis juga,” tuturnya.

Lebih jauh Muliaman mengatakan, saat ini kajian mengenai aturan tersebut masih berjalan. Nantinya, sambung Muliaman arahnya adalah kebijakan kepemilikan seperti Single Presence Policy.

(dru/dru)

sumber: http://www.detikfinance.com/read/2011/05/29/163638/1649581/5/banyak-bank-gagal-bukan-karena-kompetisi-tapi-dirampok-pemiliknya?f9911023

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: