aneka ragam HAKI

Aneka Ragam HaKI
Hak Cipta (
Copyright
).
Berdasarkan pasal 1 ayat 1 Undang-Undang Nomor 19Tahun 2002 Tentang Hak Cipta:Hak Cipta adalah hak eksklusif bagi Pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya atau memberikan izin untuk itudengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Paten (
Patent
).
Berdasarkan Pasal 1 ayat 1 Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2001Tentang Paten:Paten adalah hak eksklusif yang diberikan oleh Negara kepada Inventor atas hasilInvensinya di bidang teknologi, yang untuk selama waktu tertentu melaksanakansendiri Invensinya tersebut atau memberikan persetujuannya kepada pihak lain untuk melaksanakannya.Berbeda dengan hak cipta yang melindungi sebuah karya, paten melindungi sebuahide, bukan ekspresi dari ide tersebut. Pada hak cipta, seseorang lain berhak membuatkarya lain yang fungsinya sama asalkan tidak dibuat berdasarkan karya orang lainyang memiliki hak cipta. Sedangkan pada paten, seseorang tidak berhak untuk membuat sebuah karya yang cara bekerjanya sama dengan sebuah ide yangdipatenkan.
Merk Dagang (
Trademark
).
Berdasarkan pasal 1 ayat 1 Undang-Undang Nomor 15Tahun 2001 Tentang Merek:Merek adalah tanda yang berupa gambar, nama, kata, huruf-huruf, angka-angka,susunan warna, atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki dayapembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang atau jasa.Contoh: Kacang Atom cap Ayam Jantan.
Rahasia Dagang (
Trade Secret
).
Menurut pasal 1 ayat 1 Undang-Undang Nomor 30Tahun 2000 Tentang Rahasia Dagang:Rahasia Dagang adalah informasi yang tidak diketahui oleh umum di bidangteknologi dan/atau bisnis, mempunyai nilai ekonomi karena berguna dalam kegiatanusaha, dan dijaga kerahasiaannya oleh pemilik Rahasia Dagang.Contoh: rahasia dari formula Parfum.
Service Mark
.
Adalah kata, prase, logo, simbol, warna, suara, bau yang digunakanoleh sebuah bisnis untuk mengindentifikasi sebuah layanan dan membedakannya darikompetitornya. Pada prakteknya perlindungan hukum untuk merek dagang sedang
service mark
untuk identitasnya. Contoh: ”Pegadaian: menyelesaikan masalah tanpamasalah”.
Desain Industri.
Berdasarkan pasal 1 ayat 1 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2000Tentang Desain Industri:Desain Industri adalah suatu kreasi tentang bentuk, konfigurasi, atau komposisi garisatau warna, atau garis dan warna, atau gabungan daripadanya yang berbentuk tigadimensi atau dua dimensi yang memberikan kesan estetis dan dapat diwujudkandalam pola tiga dimensi atau dua dimensi serta dapat dipakai untuk menghasilkansuatu produk, barang, komoditas industri, atau kerajinan tangan.
Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu.
Berdasarkan pasal 1 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2000 Tentang Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu;Ayat 1: Sirkuit Terpadu adalah suatu produk dalam bentuk jadi atau setengah jadi,yang di dalamnya terdapat berbagai elemen dan sekurang-kurangnya satu dari elementersebut adalah elemen aktif, yang sebagian atau seluruhnya saling berkaitan sertadibentuk secara terpadu di dalam sebuah bahan semikonduktor yang dimaksudkanuntuk menghasilkan fungsi elektronik.

 

Ayat 2: Desain Tata Letak adalah kreasi berupa rancangan peletakan tiga dimensi dariberbagai elemen, sekurang-kurangnya satu dari elemen tersebut adalah elemen aktif,serta sebagian atau semua interkoneksi dalam suatu Sirkuit Terpadu dan peletakantiga dimensi tersebut dimaksudkan untuk persiapan pembuatan Sirkuit Terpadu.
Indikasi Geografis.
Berdasarkan pasal 56 ayat 1 Undang-Undang No. 15 Tahun 2001Tentang Merek:Indikasi-geografis dilindungi sebagai suatu tanda yang menunjukkan daerah asalsuatu barang yang karena faktor lingkungan geografis termasuk faktor alam, faktor manusia, atau kombinasi dari kedua faktor tersebut, memberikan ciri dan kualitastertentu pada barang yang dihasilka
Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: